Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instuktur dan Tahapannya

Materi Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instuktur. Materi uji kompetensi dalam Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instruktur terdiri dari: 
  1. Kompetensi Teknis: meliputi uji praktik mengajar, presentasi, pengembangan program pelatihan, pengembangan materi pelatihan, dan konsultasi. 
  2. Kompetensi Manajerial: meliputi uji portofolio, ujian tertulis, dan wawancara. 
  3. Kompetensi Sosial Kultural: meliputi uji portofolio, ujian tertulis, dan wawancara
Materi Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instuktur dan Tahapannya


Tahapan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instruktur meliputi:
1. Pembekalan Uji Kompetensi: memberikan pemahaman kepada peserta uji kompetensi mengenai proses, materi, dan tata cara uji kompetensi.
2. Uji Portofolio: evaluasi portofolio peserta yang mencerminkan kinerja dan pencapaian dalam jabatan fungsional instruktur.
3. Ujian Tertulis: menguji pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap materi yang relevan dengan jabatan fungsional instruktur.
4. Praktik Mengajar dan/atau Presentasi: mengevaluasi kemampuan peserta dalam mengajar atau melakukan presentasi sesuai dengan standar kompetensi.
5. Wawancara: sesi tanya jawab untuk menilai pemahaman, sikap, dan kesiapan peserta dalam menjalankan tugas sebagai instruktur.
Setelah semua tahapan selesai, Tim Penguji Kompetensi akan menetapkan hasil uji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi kepada peserta

Penilaian dalam Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instruktur dilakukan oleh Tim Penguji Kompetensi secara luring (offline) dan/atau daring (online). Penilaian terdiri dari beberapa tahap sesuai dengan jenis uji kompetensi, seperti:
1. Pembekalan Uji Kompetensi.
2. Uji portofolio.
3. Ujian tertulis.
4. Praktik mengajar dan/atau presentasi.
5. Wawancara.
Setelah tahapan penilaian selesai, Tim Penguji Kompetensi memberikan rekomendasi penetapan hasil penilaian akhir uji kompetensi kepada Direktur Jenderal

Posting Komentar untuk "Materi Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Instuktur dan Tahapannya"