Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01
Elemen Kompetensi dan KUK
|
Ringkasan Materi Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01
Dalam menyiapkan jalinan hubungan pelanggan, ada beberapa
hal yang perlu di ketahui yaitu:
1. Pengetahuan tentang dasa-dasar komunikasi dalam
menyiapkan jalinan hubungan dengan pelanggan.
a. Definisi Komunikasi
Komunikasi menurut Roger & D.Lawrence (1981) adalah
suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk dan melakukan pertukaran
informasi antara satu dengan lainnya, yang pada akhirnya akan terdapat adanya
saling pengertian yang mendalam (Cangara, 2016)
b. Manfaat Komunikasi
Adapun manfaat dari komunikasi secara teoritis menurut A.W.
Widjaja (2000) sebagai berikut:
1) Dapat memberikan informasi
2) Dapat mempengaruhi orang lain
3) Dapat mengenal diri sendiri dan orang lain
4) Dapat menciptakan dan memelihara hubungan menjadi lebih
bermakna
5) Dapat mengemukakan kebutuhan dan kepentingan
6) Mengubah sikap dan perilaku
7) Dapat menyalurkan ekspresi
8) Dapat memperlancar hubungan dengan sesama
c. Proses Komunikasi
Proses komunikasi yaitu bagaimana komunikator menyampaikan
pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna
antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi bertujuan untuk dapat
menciptakan komunikasi yang lebih efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada
umumnya).
Keterangan Gambar:
Komunikator/pengirim pesan
Komunikator/pengirim pesan merupakan pihak yang bertindak sebagai pengirim
pesan dalam sebuah proses komunikasi.
Pesan
Pesan mempunyai makna yaitu setiap pemberitahuan yang berisikan, kata maupun
komunikasi secara lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke
orang lain.
Gangguan/Hambata
Dalam setiap proses komunikasi, terdapat hambatan-hambatan atau gangguan yang
berpotensi mengganggu proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan.
Komunikan/Penerima
Pesan Komunikan /penerima pesan merupakan pihak yang memperoleh pesan atau
stimulus yang dikirimkan oleh sumber.
Umpan balik/Feedback
Umpan balik/ feedback merupan isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari
penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal.
d. Media Komunikasi
Media komunikasi dapat dilihat dari sudut media tradisional
dan modern yang dewasa ini banyak dipergunakan (Effendy:2003). Tradisonal
misalnya kentongan, bedug, pagelaran seni dan lain-lain, sedangkan yang lebih
modern adalah surat, papan pengumuman, telepon, telegram, pamplet, poster,
spanduk, surat kabar, majalah, film, televisi, internet yang pada umumnya
diklasifikasikan sebagai media tulisan atau cetak, visual, audio dan audio
visual.
Posting Komentar untuk "Modul Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan M.741000.026.01"