Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP

Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP. indonesiakompeten.id. Berikut kami sampaikan kurikulum dan program pelatihan bahasa Jepang 160 Jam Pelatihan

Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP


PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
1. Nama Pelatihan : Bahasa Jepang Perhotelan untuk Front Liner
(Junior)
2. Kode Program Pelatihan : I.5510000.01.15
3. Kualifikasi/Jenjang Pelatihan : Level 1
4. Tujuan Pelatihan : Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang sebagai Front Liner (Junior) sesuai dengan SOP
5. Unit Kompetensi yang ditempuh:
5.1 BHS.JH01.001.01 Menyambut tamu dalam bahasa Jepang
5.2 BHS.JH01.002.01 Mengantarkan tamu ke bagian yang dituju dalam bahasa Jepang
5.3 BHS.JH01.003.01 Melakukan komunikasi sederhana dengan tamu melalui telepon dalam bahasa Jepang
5.4 BHS.JH02.001.01 Memberikan penjelasan sederhana tentang fasilitas hotel dalam bahasa Jepang
5.5 BHS.JH02.002.01 Menawarkan bantuan dalam bahasa Jepang
6. Perkiraan Waktu Pelatihan: 160 Jam Pelatihan
7. Persyaratan Peserta Pelatihan:
7.1 Pendidikan : SMK jurusan Adm. Perkantoran atau SMK
Perhotelan
7.2 Pelatihan : -
7.3 Pengalaman Kerja : -
7.4 Jenis Kelamin : laki-laki dan perempuan
7.5 Umur : 17 tahun keatas
7.6 Kesehatan : -
7.7 Persyaratan Khusus : -
8. Persyaratan Instruktur
8.1 Pendidikan Formal : Min. Diploma
8.2 Persyaratan Kompetensi :
1)Teknis : Kompeten di bidang teknis
2)Metodologi : Sertifikat Pelatihan Metodologi
8.3 Kompetensi Teknis : Kompeten di bidang teknis
8.4 Pengalaman Kerja : 1 tahun
8.5 Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
8.6 Persyaratan khusus : -
KURIKULUM PELATIHAN BERBASISI KOMPETENSI
NO. MATERI PELATIHAN KODE UNIT PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN (JP)
PENGE-TAHUAN KETERAM-PILAN JUMLAH
I. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 Menyambut tamu dalam bahasa Jepang BHS.JH01.001.01 6 18 24
1.2 Mengantarkan tamu ke bagian yang dituju dalam bahasa Jepang BHS.JH01.002.01 6 18 24
1.3 Melakukan komunikasi sederhana dengan tamu melalui telepon dalam bahasa Jepang BHS.JH01.003.01 6 18 24
1.4 Memberikan penjelasan sederhana tentang fasilitas hotel dalam bahasa Jepang BHS.JH02.001.01 6 18 24
1.5 Menawarkan bantuan dalam
bahasa Jepang
BHS.JH02.002.01 6 18 24
Jumlah I - 30 90 120
II. PELATIHAN DI TEMPAT KERJA (OJT)
2.1 - - - -
2.2 - - - -
Jumlah II
III. KELOMPOK NON-UNIT KOMPETENSI
1.1 Motivasi Kerja
1.2 Sikap Etika
1.3 Tata Graha (5S)
1.4 Wawasan Industri
1.5 Kewirausahaan
- 6
4
2
6
6
0
0
2
14
0
6
4
4
20
6
Jumlah III 24 16 40
Jumlah I s.d. IV 54 106 160

SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI
I. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1.1 Unit Kompetensi : Menyambut tamu dalam bahasa Jepang
Kode Unit : BHS.JH01.001.01
Perkiraan Waktu Pelatihan : Jampel @ 45 menit
Elemen Kompetensi Kriteria
Unjuk Kerja
Indikator
Unjuk Kerja
Materi Pelatihan Perkiraan
Waktu Pelatihan
(jampel)
Pengetahuan Keterampilan Sikap Penge-tahuan Keteram-pilan
1. Melatih ungkapan dan kata salam bahasa Jepang 1.1 Ungkapan dan salam dilatih – Dapat mengidentifikasi berbagai ungkapan dan salam bahasa Jepang
– Mampu mengungkapkan kata-kata salam bahasa Jepang
– Harus taat dan memperhati-kan prosedur
– Bermacam ungkapan dalam bahasa Jepang
– Bermacam salam dalam bahasa Jepang
– Mengungkapkan kata-kata salam bahasa Jepang – Cermat
– Teliti
– Taat asas
3 9
1.2 Tamu Jepang disambut dengan ungkapan dan salam – Dapat menjelaskan berbagai ungkapan dan salam dalam menyambut tamu Jepang
– Mampu menyambut tamu Jepang
– Harus taat dan memperhati-kan prosedur
– Tata-cara penyambutan tamu Jepang – Menyambut tamu Jepang – Taat asas
– Memperhatikan prosedur
Asesmen
2. Menawarkan bantuan kepada tamu 2.1 Bantuan ditawarkan dengan sopan – Dapat menjelaskan tata-cara menawarkan bantuan
– Mampu menawarkan bantuan dengan sopan
– Harus taat dan memperhati-kan prosedur
– Tata-cara menawarkan bantuan – Menawarkan bantuan – Taat asas
– Sopan
3 9
2.2 Tujuan tamu ditanyakan – Dapat menjelaskan cara menanyakan keinginan tamu
– Mampu menanyakan tujuan dan keinginan tamu
– Harus taat dan memperhati-kan prosedur
– Bermacam kalimat tanya untuk menanyakan maksud dan tujuan tamu – Menanyakan maksud dan tujuan tamu – Cermat
– Teliti
– Berbudaya
Asesmen

Selengkapnya Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP [Unduh]

Demikian informasi mengenai Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Kurikulum, Silabus Program Pelatihan Bahasa Jepang 160 JP"